Pesan Sponsor

Pesan Sponsor: R. Hadisumarta
Ahli Mranggi Segala Macam Rangka Tombak, Keris baik Gaya Jogja, Solo atau sesuai Pesanan. Menerima Perawatan dan Marangi Pusaka. Contact: R. Sugiarto, Alamat: Suronatan NG 2/947, Notoprajan, Yogyakarta Tel: (+62 274) 374 510, 415 170

Minggu, 21 April 2013

219-Brojol Keleng Mataram


 Keris Lajer/Lurus Brojol Pamor Keleng.
Tangguh Est. Mataram Tua
Warangka Lamen Gayaman Gaya Surakarta, Timoho Sampir
Deder/Handle Kemuning Lamen
Mendak Meniran Kuningan.
Pendok Kuningan Tatah







Dimaharkan: Rp. 1.375.000.
(Mahar Khusus Wilayah Indonesia, Dalam P. Jawa Ongkir Gratis)

Kalau ada minat dan jodo dapat menghubungi Admin. Jawa Panoenggalan
via
e-mail: puspadahyangkeris@gmail.com atau
tel./sms: 0857 01290 333
http://gallerykerisdanantik.blogspot.com



Ancas/Tanjeg/Daya Magis:
Setiap Keris mempunyai misi spiritual dari Sang Empu pembuatnya, tergantung dan disesuaikan dengan kondisi, karakteristik dari pemegang pusaka nantinya. Dalam keadaan suci, segala daya upaya, daya cipta-rasa-karsa Sang Empu dilakukan dengan memohon kepada Sang Hyang Pemberi Hidup, Gusti Seru Semesta Alam! agar Berkenan memberikan Kuasa-Nya agar apa yang dimaksudkan oleh Sang Empu atas sebilah keris yang dibuatnya tersebut dapat terlaksana sesuai misi spiritualnya. Misi spiritual Sang Empu dapat dilihat dari macam dhapur yang dibuat maupun pamor yang disematkan di keris. 
Pamor dapat dibedakan menjadi 2, yaitu Pamor Rekan (hasil rekayasa Sang Empu) dan Pamor yang tidak direncanakan oleh Sang Empu/ diluar kuasa Sang Empu disebut juga Pamor Tiban (anugrah Tuhan YME). Bagi pecinta tosan aji yang mempercayainya, pamor juga dibagi menurut karakternya menjadi 2, yaitu Pemilih (biasanya di pamor miring/penempatannya melintang dari penampang wilah) dan Tidak Pemilih (biasanya terdapat di pamor mlumah/penemempatannya sejajar dengan wilah)
Dari apa yang ada, keris merupakan salah satu refleksi keseharian kehidupan nenek moyang orang Jawa dan budaya Jawa itu sendiri dimana sangat spiritualis yang lekat akan simbolisasi-simbolisasi atas kehidupan yang mengarah kepada KeTuhanan.

Dhapur Keris Brojol
Keris berdhapur brojol adalah mempunyai bentuk yang sangat sederhana tanpa ricikan kecuali hanya pijetan. Beberapa orang berpendapat bahwa keris brojol adalah digunakan oleh orang-orang yang punya keinginan tertentu sehingga mengharapkan agar dapat segera menjadi kenyataan apa yang diinginkan tersebut atau segera "mbrojol" (keluar seketika) apa yang dikandungnya (harapan, mengidam-idamkan sesuatu, harapan yang terpendam dalam hati).


Keris Lajer (Lurus)

Simbolisasi akan keinginan kuat, tidak mudah menyerah, mental yang tangguh.


Pengawak Wojo/Kelengan 
 Bagi sebagian pecinta keris menyebutkan bahwa pengawak wojo konon dibuat oleh para Empu tidak menonjolkan pamor ataupun gebyar namun menonjolkan dari aspek garap dan besinya, dan keris pengawak wojo konon tanjeg/ancas/daya magisnya juga lebih kuat serta banyak diyakini untuk proteksi diri, daya perbawa-kawibawan, kemauan keras pantang menyerah ataupun memperlancar dalam menimba ilmu olah daya kanuragan, juga sering diyakini sebagai piandel/penambah suggesti keberanian dalam menghadapi musuh di medan pertempuran maupun manfaat-manfaat lain yang konon hanya orang yang ahli olah spiritual yang mampu untuk mengetahuinya.

1 komentar:

  1. Mas, kalau bisa setiap keris yg ada di website ini, mohon di beri juga keterangan tentang yoni atau manfaatnya bagi si pemilik keris.
    Terimakasih.

    BalasHapus